Mitos Ibu Hamil Muda Yang Perlu Diketahui

Berbagai macam mitos ibu hamil muda yang berkaitan dengan pola makan dan perilaku yang sebenarnya sudah ada dari satu generasi ke generasi berikutnya. Seringkali ibu akan selalu mendengarkan beberapa mitos atau pun larangan dari orang-orang yang sudah tua, seperti beberapa mitos pada saat hamil, persalinan dan saat menyusui.

Mitos merupakan sesuatu hal yang belum dibuktikan kebenarannya, tapi sangat dipercayai oleh masyarakat. Akan tetapi, sebenarnya ada beberapa mitos justru malah baik untuk dilakukan guna mendukung kehamilan, hanya saja ibu hamil tidak mempercayai hal semacam itu.

Sebagai contoh pada makanan yang harusnya baik untuk dikonsumsi ibu hamil justru malah dihindari. Ketakutan dan kekhawatiran akan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pasti sering dirasakan oleh ibu hamil, terutama lebih banyak dialami oleh ibu yang masih hamil muda.

Ada berbagai larangan pada ibu hamil muda yang sebenarnya hanyalah mitos belaka. Justru yang dilarang itu malah disarankan untuk dilakukan ibu hamil. Ada banyak hal tentang kehamilan yang perlu diketahui oleh ibu hamil. Untuk itu, para ibu hamil jangan terlalu percaya pada mitos yang salah, sebaiknya ketahui dulu fakta yang sebenarnya.

Mitos Ibu Hamil Muda
Inilah Mitos Ibu Hamil Muda Yang Perlu Diketahui

1. Melakukan Hubungan Seks Saat Hamil Bisa Menyakiti Janin

Sejumlah wanita seringkali tidak melakukan hubungan seks saat sedang hamil, dikarenakan adanya mitos melakukan hubungan seks saat hamil bisa menyakiti janin. Padahal sebenarnya hal itu bagus untuk kehamilan Anda agar tetap sehat, berhubungan seks saat sedang hamil tidak akan menyakiti janin Anda. Karena kantong amniotik dan otot rahim masih kuat dalam melindungi sang janin alam kandungan. Jadi, hal tersebut adalah mitos seputar ibu hamil muda saja.

2. Morning Sickness Akan Berlangsung Selama Masa Kehamilan

Terjadinya morning sickness tidak hanya terjadi di pagi hari, melainkan bisa terjadi kapan saja, entah itu terjadi di siang atau malam hari. Morning sickness akan berlangsung selama masa kehamilan adalah mitos, biasanya terjadi pada kehamilan trimester pertama, setelah trimester pertama ibu hamil merasa lega. Rata-rata ibu hamil akan mengalami muntah dan mual-mual apabila terkena morning sickness, untuk mengatasinya ibu hamil cukup mengkonsumsi buah-buahan yang segar atau pun minum air putih.

3. Kalau Lagi Ngidam Harus Dituruti, Kalau Tidak Anaknya Bakal Ngiler

Belum ada penjelasan yang benar-benar pasti tentang hal tersebut. Ngidam pada ibu hamil semacam memberi kode atau sinyal bagi tubuh, kalau ibu hamil sedang membutuhkan makanan dengan kandungan tertentu. Sebagai contoh, tiba-tiba ibu hamil ingin makan buah mangga muda, berarti tubuh ibu hamil sedang membutuhkan kandungan vitamin C. Jadi, anak jadi ngiler apabila ibu sedang hamil tidak dituruti saat ngidam adalah mitos.

4. Saat Hamil Jangan Menjahit Baju, Nanti Bibir Bayi Akan Sumbing

Menjahit baju dengan bibir sumbing tentu tidak ada kaitannya sama sekali, itu merupakan mitos yang dibuat-buat oleh orang tua zaman dulu. Faktanya, bibir sumbing disebabkan karena ibu hamil terkena diabetes, infeksi virus pada janin atau pun obesitas selama kehamilan. Jadi, ibu hamil tidak perlu takut menjahit baju saat hamil, itu adalah mitos.

5. Harus Berhenti Olahraga Saat Hamil

Aktivitas fisik justru malah disarankan untuk dilakukan ibu saat hamil tapi sesuai dengan kemampuan dan kondisi ibu hamil. Aktivitas fisik seperti jalan pagi, senam hamil atau pun yoga, itu merupakan hal menyehatkan dan memiliki banyak manfaat untuk dilakukan. Jadi, saat hamil harus berhenti olahraga adalah mitos bagi ibu hamil muda ya.

6. Saat hamil, Ibu Tidak Boleh Dekat-Dekat Dengan Kucing

Itu jelas-jelas mitos ya, ibu hamil yang suka kucing tetap diperbolehkan untuk memeliharanya. Tapi ibu hamil tetap waspada dengan kotoran kucing, bahwa kotoran kucing bisa menyebarkan banyak parasit yang membahayakan kesehatan ibu hamil. Jadi lebih berhati-hati ketika membersihkan kotorannya.

7. Potong Rambut Saat Hamil Bisa Membuat Bayi Cacat Lahir

Banyak kabar yang beredar bahwa potong rambut saat hamil bisa membuat bayi cacat lahir itu adalah mitos. Tidak ada kaitannya potong rambut dengan kehamilan, ibu hamil tetap boleh potong rambut saat hamil. Faktanya, bayi cacat lahir disebabkan karena faktor genetik, faktor gaya hidup dan lingkungan.

8. Mengkonsumsi Durian, Nanas dan Air Kelapa Dapat Menyebabkan Keguguran

Selama ibu hamil mengkonsumsi durian, nanas dan air kelapa dengan jumlah yang sedikit dan tidak berlebihan diperbolehkan untuk dikonsumsi. Buah durian dan nanas masih aman untuk ibu hamil muda, justru malah memiliki banyak manfaat untuk kandungan Anda. Air kelapa juga banyak manfaatnya, dapat mencegah dehidrasi, sistem imun dan mengatasi kelelahan. Jadi, mengkonsumsi durian, nanas, dan air kelapa saat hamil yang dapat memicu keguguran adalah mitos ya.

9. Minum Air Kelapa Bisa Bikin Bayi Terlahir Dengan Kulit Bersih

Memang benar bahwa air kelapa memiliki banyak manfaat bagi tubuh, selama kehamilan ibu hamil disarankan untuk minum air kelapa. Tapi minum air kelapa bisa bikin bayi terlahir dengan kulit bersih itu hanya mitos air kelapa muda untuk ibu hamil, tidak ada kaitannya sama sekali.

10. Ibu Sedang Hamil Tidak Boleh Makan Seafood

Mengkonsumsi seafood saat sedang hamil dibolehkan, karena pada seafood mengandung protein dan kalsium yang baik bagi tubuh ibu hamil. Itu adalah mitos ibu hamil muda yang sebenarnya belum tentu benar. Memang tidak semua seafood bisa dikonsumsi oleh ibu hamil, malah justru bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada ibu hamil dan janin, sebaiknya saat mengkonsumsi seafood dimasak dengan benar-benar matang.

Nah, itulah beberapa ulasan tentang mitos ibu hamil muda yang sudah banyak beredar di masyarakat. Sebaiknya ibu hamil muda abaikan saja tentang beberapa mitos-mitos tersebut, jangan sepenuhnya percaya oleh mitos-mitos ibu hamil muda dan tidak perlu ditakutkan. Untuk lebih lanjut mendapatkan informasi mengenai mitos-mitos kehamilan, ibu hamil dapat berkonsultasi pada dokter. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

5/5 (2)

Please rate this

Updated: Juli 31, 2019 — 1:37 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *